Cara Menjadi Blogger Pemula


Mulai membuat blog sendiri ketika saya bergabung dengan komunitas literasi ODOP (One Day One Post) besutan Bang Syaiha dan rekan. Karena belum pernah membuat blog sebelumnya, akkhirnya saya cari-cari buku yang berisi cara membuat blog. Alhamdulillah akhirnya saya menemukan sebuah buku yang berisi diantaranya cara membuat blog. Walau sangat sederhana dan simpel sekali tutorial di dalamnya tapi yang penting sudah ada dulu blog yang bisa dipakai mengerjakan tugas, ehe he.

Sangat sederhana dan alakadrnya, begitulah blog yang saya buat sebagai media mengerjakan tugas selama satu bulan masa seleksi anggota ODOP sampai dinyatakan lulus menjadi anggota ODOP. Alhamdullillah, walau baru pertama kalinya nulis di blog dan harus setiap hari setor tulisan, akhirnya bisa juga diterima menjadi anggota ODOP. 

Untuk blogger pemula ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan agar bisa konsisten ngeblog, diantaranya: 

1. Belajar tentang blog.

2. Banyak membaca, baik itu buku atau artikel, di blog maupun di media lain,

3. Bergabung dengan komunitas blogger.

Setelah bergabung di ODOP, saya berusaha untuk menggabungkan diri dengan salah satu program yang ada di sana yaitu Blog Squad, karena saya ingin tahu, mengenal lebih jauh dan mempunyai blog sendiri yang bisa memberi manfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Walau akhirnya saya harus terlempar dari grup tersebut karena ada challenge yang waktu itu tidak berhasil saya selesaikan. Sedih sih... tapi saya tidak larut dalam kesedihan karena di grup tersebut saya mendapatkan semangat dan morivasi baru untuk ngeblog. Apalagi di situ saya juga dipertemukan dengan orang-orang hebat di bidang blog. 

Di blog squad ODP ini jugalah saya lebih mengenal mba Marita Ningtyas sebagai pentolan blog squad. Di blog squad waktu itu, selain ada tugas untuk menulis dan blog walking, kami juga bisa belajar banyak tentang hal yang terkait dengan blog. Saya sering baca-baca blognya mba Marita, tidak hanya membaca, saya juga berusaha untuk banyak belajar di dalamnya.  

Terlebih lagi ketika mba Marita membuat Blogspdia. Sebagai blogger ala-ala dan pemula, saya merasa sangat terbantu dengan adanya situs blog ini.  Saya belajar banyak hal yang berkaitan dengan blog di Blogspedia ini. Sampai saat ini saya masih terus belajar ngeblog secara online maupun melalui buku, dan media on line yang banyak saya jadikan referensi untuk belajar ya Blogspedia ini. 

Benar deh, blogspedia ini menjadi tempat yang enak dan asyik untuk belajar blogging bagi blogger cupu dan pemula seperti saya. Saya senang sekali karena dari dasar banget ada tutorialnya di sini, seperti awal membuat blog, memposting artikel pertama, sampai mempercantik tampilan blog.

Sekarang saya tidak usah bingung-bnngung lagi kalau mau belajar tentang blog, tinggal klik aja www.blogspedia.my.id, daripada repot-repot browsing cari kesana-kemari. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Parenting

Berburu Malam Lailatul Qodar

Bunda Pekerja dan Daycare