Tips Memilih Daycare

Bagi bunda bekerja, meniitipkan anak ke daycare menjadi pilihannya, manakala belum mendapatkan pengasuh bagi anaknya yang masih kecil. Lantas daycare seperti apa sebaiknya dipilih untuk menitipkan anak kita.

Kalau dalam tulisan sebelumnya sudah disampaikan sedikit gambaran  tentang peran daycare dan bunda anak kita yang masih dalam masa pertumbuhan awal. Nah, pada tulisan kali ini, akan disampaikan tentang tips memilih daycare untuk buah hati kita. Berikut ini beberapa tips yang sebaiknya kita jadikan pertimbangan dalam memilih daycare:

1. Jarak
Jarak dari rumah atau kantor ke daycare menjamdi pertimbangan, agar bunda mudah ketika harus antar jemput anak. Hal ini akan membuat efisien waktu kita.

2. Memiliki Ijin Operasional
Sebuah lembaga bila sudah memiliki ijin operasional diharapkan bisa lebih bertanggung jawab dalam menjalankan kewajibannya.

3. Jumlah Pengasuh
Perbandingan pengasuhyang ideal adalah 1 banding 2 atau 3 untuk anak usia 1 tahun ke bawah. Semakin bertambah usia anak,  jumlah anak yang dipegang pengasuh bisa lebih banyak.

4. Perhatikan Para Pengasuhnya
Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan yang sensitif. Perhatikan bagaimana interaksi para pengasuh dengan anak-anak yang diasuhnya. Bagaimana pola komunikasi juga interkasi ketika menemani bermain anak-anak.

5. Memiliki  Kegiatan di Luar Ruangan
Anak-anak juga membutuhkan sirkulasi udara segar. Daycare yang baik hendaknya mempunyai agenda  kegitan di luar ruangan yang memadai.

6. Memiliki Laporan yang Jelas
Daycare yang baik mempunyai jurnal pemantauan anak asuhnya. Jurnal ini hendaknya bisa diisi setiap hari. Tentang perkembangan anak atau cataatan khusus yang perlu disampaikan ke orang tua secara berkala. Bisa setiap hari atau berapa hari sekali.

7. Managemen yang Terbuka
Hendaknya daycare mempunyai managemen tetbuka yang memungkinkan orang tua bisa memberi masukan membangun terkait pengelolaan daycare. Begitu juga sebaliknya, orang tua bersedia mendengarkan apa yang disampaikan oleh phak daycare terkait anaknya. Harapannya,  bisa terjalin komunikasi yang efektif antara orang tua dan daycare.

Oke bunda, demikan tadi beberapa tips dalam memilih daycare untuk buah hati kita. Semoga bermsnfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Parenting

Berburu Malam Lailatul Qodar

Bunda Pekerja dan Daycare