Menumbuhkan Empati Sejak Dini

Ketika ada salah  siswa TK kami menangis di kelas, tanggapan teman-temannya beragam.
Ada yang merasa kasihan, kemudian bertanya kenapa menangis. Ada yang berusaha mendiamkan. Ada yang melihat saja dengan pandangan kasihan tanpa berkata-kata. Namun ada juga yang berkomentar sinis karena merasa tertanggu dengan suara tangisnya.

Dari keadaan di atas kita bisa melihat siapa anak-anak yang bersimpati, berempati, bahkan antipati terhadap keadaan teman di sekitarnya.

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin agar anak-anak kita mempunyai empati terhadap keadaan di sekitarnya.

Apa sebenarnya empati itu, dan bagaimana menumbuhkannya dalam diri anak-ansk kita?

Empati, kalau dalam KBBI diartikan sebagai keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.

Betikut ini tips yang bisa ayah bunda praktekkan untuk menanamkan peradaan empati pada anak:

1. Orang Tua Memberi Contoh Empati pada Anak.
Orang tua adalah tempat pertama anak mempelajari segalanya. Karena itu saat orang tua bersikap kasar atau tidak memikirkan perasaan orang lain, anak cenderung akan menirukannya.

2. Mengucapkan Terima Kasih.
Ajaran sederhana untuk mengucapkan terima kasih pada seseorang saat diberi sesuatau juga bisa mendidik anak untuk bersikap empati. Dia akan mensyukuri setiap hal walaupun kecil yangbia terima dari orang lain.

3. Menjadi Orang Tua yang Konsisten.
Selaku orangtua kita selalu apa yang baik dan tidak baik pada anak. Namun yang tidak boleh kita lupa, bahwa anak juga meliahat tingkah laku kita sebagai tolak ukur apa yang baik dan tidak baik. Maka kerjakanlah apa yang kita nasehatkan kepada anak.

4. Membantu Anak Memahami Kosakata Emosi.
Anak kecil belum memiliki banyak kosakata pada apa yang ia rasakan. Bantulah anak untuk menamai berbagai emosi yang ia miliki, untuk mempermudah anak memahami perasaannya sendiri.

5. Selalau Bersyukur dan Memuji Hasil Kerja Orang Lain.
Ajarkan anak untuk memuji hasil kerja orang lain dan bersyukur setiap hari.

6. Mengenali Kebaikan Saat Anak Berbuat Kebaikan. Ada baiknya kita memujinya dan mengatakan bahwa itu adalah hal yang baik.

7. Memahami apa yang Dirasakan Anak.
Hal ini akan menunnjukkan pada anak dengan cara yang lembut san penuh kasih sayang bahwa orangvtuanya mengerti dan menghargai apa yangbia rasakan.

Demikian sedikit tips yang bisa dicoba untuk menumbuhkan empati pada anak-anak kita. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Parenting

Berburu Malam Lailatul Qodar

Bunda Pekerja dan Daycare